Siaran Pers |
Jakarta, 6 Maret 2024 – Komitmen PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) untuk senantiasa menjaga kinerja investasi melalui penempatan investasi yang prudent dan terukur telah membawa perusahaan memperoleh penghargaan.
IFG Life berhasil meraih penghargaan Unitlink Award 2024 Media Asuransi dengan Peringkat 2 Kelompok Unitlink Campuran Berdenominasi Rupiah atas Produk IFG Link Berimbang dan Peringkat 3 Kelompok Unitlink Saham Berdenominasi Rupiah atas Produk IFG Link Ekuitas.
Direktur Investasi IFG Life Mufri Dharmawan, menyampaikan bahwa bisnis asuransi merupakan bisnis yang berbasiskan kepercayaan. Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa IFG Life senantiasa menjaga prinsip risk management, tata kelola yang baik, serta kehati-hatian dalam mengelola investasi perusahaan.
“Kepercayaan merupakan asas yang sangat fundamental bagi perusahaan asuransi. Ini kami jaga betul, salah satunya dalam hal pengelolaan investasi. Kami ingin masyarakat tidak hanya terproteksi melainkan juga dapat merasakan keuntungan dengan menjadi nasabah IFG Life. Tentunya, kami bersyukur bahwa upaya kami selama ini ternyata diperhatikan dan mendapatkan penghargaan dari luar,” terangnya.
Dia juga menambahkan bahwa dalam memasarkan produk unitlink-nya, IFG Life berpegang pada SE OJK No. 5 Tahun 2022 tentang Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI). Produk unitlink IFG Life dirakit dengan berfokus pada konsumen (customer centricity).
“Melalui produk-produk unitlink yang diterbitkan, IFG Life berusaha memberikan perlindungan atau proteksi asuransi atas risiko diri sekaligus memberikan pula potensi keuntungan investasi dalam jangka panjang. Tentu saja, bahwa hal itu juga tidak terlepas dari sejumlah risiko di pasar,” ujarnya.
Media Asuransi sendiri merupakan media dengan kajian utama di sektor asuransi dan sektor keuangan secara umum yang meliputi perbankan, multifinance, pasar modal, dan industri keuangan lainnya, yang telah memiliki rekam jejak memberitakan sektor keuangan sejak 1980.
Direktur Utama Mucharor Djalil menyebutkan bahwa penghargaan Unitlink Award 2024 ditujukan sebagai apresiasi bagi para pelaku di industri asuransi yang berhasil menjaga kinerja bisnis unitlink di tengah kondisi ketidakpastian perekonomian global.
“Dalam kondisi seperti ini, hasil kajian Lembaga Riset Media Asuransi [LRMA] menunjukkan bahwa di tahun 2023 ada perusahaan yang fund produk unitlink-nya berhasil membukukan pertumbuhan. Walaupun tentu saja ada yang pertumbuhannya negatif [turun],” ujarnya.
Adapun, penilaian diberikan berdasarkan kinerja investasi produk unitlink para pelaku industri dalam 2 tahun terakhir, yakni per Desember 2021 hingga Desember 2023. Hanya perusahaan-perusahaan asuransi jiwa yang memenuhi persyaratan yang dapat disertakan dalam ajang Unitlink Award 2024. Persyaratan tersebut yakni bahwa produk tersebut sudah ada selama 2 tahun, produk tersebut tidak menunjukkan anomali, serta perusahaan tidak terlibat kasus hukum yang mengikat atau sanksi dari OJK.
“Awarding ini menjadi apresiasi bagi pelaku industri yang berprestasi baik dalam menempatkan investasinya, sekaligus untuk mengedukasi masyarakat bahwa investasi dana unitlink mulai memberikan imbal hasil yang tinggi. Unitlink Award 2024 Media Asuransi ini diharapkan dapat mendorong perusahaan asuransi untuk memberikan layanan terbaik instrumen proteksi sekaligus investasi,” tutupnya.